Beranda > jiwa > Indeks Masa Tubuh (IMT/BMI)

Indeks Masa Tubuh (IMT/BMI)

Obesitas atau kegemukan terjadi pada saat badan menjadi gemuk (obese) yang disebabkan penumpukan adipose (adipocytes: jaringan lemak khusus yang disimpan tubuh) secara berlebihan. Jadi obesitas adalah keadaan dimana seseorang memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan berat idealnya yang disebabkan terjadinya penumpukan lemak di tubuhnya.
Dihadapkan pada obesitas, tidak jarang seorang remaja bereaksi secara berlebihan. Tidak jarang pula mereka menjadi frustrasi karena meskipun sudah melakukan diet ketat dan mengkonsumsi ramuan atau obata-obatan penurun berat badan, ternyata bobot tubuh tidak kunjung susut. Menurut para ahli, didasarkan pada hasil penelitian, obesitas dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah :
a. Keturunan (Genetik).
Seorang anak mempunyai kecenderungan menjadi gemuk jika kedua orang tuanya gemuk. Genetik juga berperanan dalam mempengaruhi fungsi hormon yang mengatur perlemakan tubuh.
b. Terlalu banyak makan.
Terlalu banyak makan akan menyebabkan penambahan berat badan terutama jika makanan yang dikonsumsi banyak mengandung lemak dan gula seperti misalnya makanan siap saji, makanan yang digoreng dan manisan.
c. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana.
Para ahli berpendapat, karbohidrat sederhana seperti gula, fruktosa, soft drink, bir, dan anggur akan menyebabkan penambahan berat badan karena karbohidrat jenis ini lebih mudah diserap oleh tubuh.
d. Frekuensi makan.
Hubungan frekuensi makan dan penambahan berat badan masih kontroversial. Para ahli menyebutkan bahwa orang yang makan dalam jumlah sedikit dengan frekuensi 4 – 5 kali sehari memiliki kadar kolesterol dan kadar gula darah yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang frekuensi makannya kurang dari itu.
e. Metabolisme yang lambat.
Perempuan memiliki massa otot yang lebih kecil dari laki laki. Otot membakar kalori lebih banyak dari jaringan tubuh yang lain, sehingga metabolisme pada perempuan jauh lebih lambat daripada laki laki. Hal ini akan menyebabkan perempuan mempunyai kecendrungan lebih mudah gemuk jika dibandingkan dengan laki laki.
f. Kurangnya aktifitas fisik.
Orang yang aktif beraktifitas akan membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang bermalas malasan,
g. Obat obatan.
Beberapa obat yang berhubungan dengan penambahan berat badan antara lain, obat anti depresi, obat anti kejang, obat obatan diabetes, kontrasepsi oral, obat obatan kortikosteroid dan beberapa obat penurun tekanan darah.
h. Faktor psikologis.
Pada beberapa orang, emosi mempengaruhi kebiasaan makan. Ada orang yang tiba tiba ingin makan banyak saat sedang emosi. Padahal bila nantinya berat badan meningkat akan menimbulkan masalah psikologi lainnya.
i. Penyakit.
Beberapa penyakit yang dapat meningkatkan berat badan antara lain hipotiroid, resistensi insulin, PCO, dan sindroma cushing.
j. Ras.
Orang kulit hitam dan orang hispanik mempunyai kecenderungan lebih mudah menjadi gemuk jika dibandingkan dengan orang kaukasian dan asia.
k. Berat badan saat anak anak.
Kegemukan pada masa anak anak dan remaja juga mempengaruhi terjadinya kegemukan pada usia dewasa.
l. Hormon.
Perempuan lebih mudah gemuk terutama saat hamil, menopause dan saat mengkonsumsi kontrasepsi oral.
Berat badan ideal adalah di mana berat badan seseorang berada pada posisi sesuai dengan tinggi badannya. Dalam dunia kesehatan dikenal penghitungan dengan metode Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). Satuan IMT inilah yang kemudian menjadi pengukur ideal atau tidaknya berat tubuh seseorang.
Rumus menentukan IMT :

Menurut FAO dan WHO:
a. Batas IMT untuk laki-laki normal 20,1-25,0
b. Batas IMT untuk perempuan normal 18,7-23,9

Klasifikasi IMT (kg/m2)

  • BB kurang < 18,5
  • BB normal 18,5 – 22,9
  • BB lebih 23
  • Preobesitas 23 – 24,5
  • ObesitasI 25 – 29,9
  • Obesitas II > 30

so anda masuk ke IMT mana?

Kategori:jiwa Tag:, ,
  1. 20 April 2010 pukul 22:31

    Mbak artikelnya kan tentang kegemukkan!
    Minta donk artikel yg bs buat badan jd gemuk.
    Selain makan teratur dan olahraga/gym?
    Tks.

  2. 20 April 2010 pukul 23:29

    mksih yah..
    oke nanti saya siapkan artikelnya…
    sering2 mampir yah…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: